KAYUTREJO.NGAWIKAB.ID –
Jum at ( 14/01 ) Komisi A DPRD DIY dipimpin oleh Eko Suwanto, ST, M. Si (Ketua) beserta sekretaris dan anggotanya didampingi Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Ngawi melakukan kunjungan ke Situs Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat di Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, diterima oleh Muspika Kecamatan Widodaren dan Kepala Desa Kauman. Maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat potensi pariwisata situs bersejarah di Kabupaten Ngawi.

Sebelum berkunjung ke rumah kediaman pahlawan nasional Dr. Radjiman Wedyodiningrat di Desa Kauman, Ketua Komisi A DPRD DIY menyerahkan cenderamata wayang Werkudoro kepada Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono usai berdialog di Pendopo Kabupaten Ngawi.

“Kita melihat potensi wisata sejarah di Kabupaten Ngawi untuk melengkapi cerita sejarah perjalanan perjuangan dan konstelasi politik Indonesia di masa lampau untuk mencapai kemerdekaan khususnya proses lahirnya pancasila”, ujar Ketua Komisi A DPRD DIY tersebut.

Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat adalah Ketua BPUPKI, sebuah badan dalam proses menuju kemerdekaan Indonesia yang dibentuk pada 29 April 1945 dan dibubarkan tanggal 7 Agustus 1945 yang dahulu berkediaman di Desa Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi.

Eko Suwanto menambahkan jumlah ratusan situs bersejarah di Kabupaten Ngawi sangat besar untuk ukuran satu kabupaten. Situs Trinil, Benteng Pendhem hingga rumah Dr. Radjiman selama ini telah dirawat dan dikelola dana daerah.

“Peluang kerja sama DIY dan Ngawi tentang destinasi wisata sejarah maupun riset sangat besar, kita akan segera duduk bersama Pemerintah Daerah se-DIY untuk mendukung potensi kerjasama ini. Apalagi jika tol Jogja-Solo segera jadi, tentu Jogja-Ngawi akan dapat ditempuh dengan waktu yang singkat sehingga banyak hal yang bisa dikembangkan kerjasama pada masa yang akan datang, termasuk destinasi wisata sejarah,” pungkas Ketua Komisi A DPRD DIY

Share and Enjoy !

Shares