kayutrejo.ngawikab.id.
Pelaksanaan Posyandu Melati V di Desa Kayutrejo dilaksanakan tanggal 10 Desembar 2021. Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar.

Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan Posyandu selama pandemi Covid – 19 tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu setiap warga yang datang memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak.

Berbeda dengan Puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

Share and Enjoy !

Shares