KAYUTREJO.NGAWIKAB.ID-
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi menggelar sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di bidang cukai,
Selasa (12/10/2021).Bertempat di Rumah Makan Notosuman, Jalan Raya Solo KM 4, Watualang – Ngawi, sosialisasi dihadiri perwakilan perangkat desa dari 9 Kecamatan di Kabupaten Ngawi.
Dalam sosialisasi kali ini, DPMD Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan Kantor Bea dan Cukai Madiun, Polres Ngawi dan Kejaksaan Negeri Ngawi
Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMD Kabupaten Ngawi mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti perwakilan perangkat desa se-Kabupaten Ngawi.“Sebagaimana kita ketahui bahwa perangkat desa ini menjadi ujung tombak pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Dengan sosialisasi ini harapannya nanti bisa menyampaikan dan mengedukasi masyarakat tentang peraturan perundang-undangan,” ungkap Fuad Misbahuddin Fahmi, Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Ngawi sekaligus membuka acara.
Materi Sosialisasi
Acara dilanjutkan paparan materi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kantor Bea dan Cukai Madiun, Sri Hananto Bawono. Beberapa informasi lebih detail tentang bea cukai diulas dalam sesi ini.Materi kedua disampaikan oleh IPDA Edi Nuryanto dari Polres Ngawi. Pria yang menjabat Kanit IV Pidana Khusus Satreskrim Polres Ngawi ini menyampaikan materi bidang cukai yang bersinggungan dengan kapasitas kepolisian sebagai penegak hukum. Salah satunya berkenaan PPRI Nomor 55 Tahun 1996 tentang Penyidikan Tindak Pidana Kepabeanan dan Cukai.Sedangkan materi terakhir tentang tindak pidana ekonomi dalam hal ini cukai dipaparkan oleh narasumber dari Kejaksaan Negeri Ngawi.
Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, kejaksaan mendasar payung hukum yang tertuang dalam Pasal 30 UU Nomor 16 Tahun 2004.Cakupan tugas dan wewenang kejaksaan dalam Undang-undang tersebut ada di tiga bidang. Yakni Bidang Pidana, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, serta Bidang Ketertiban dan Ketenteraman Hukum.Kegiatan yang digelar di Ruang Bima mulai pukul 12.30 – 15.00 WIB tersebut merupakan sosialisasi gelombang pertama. dan akan dilanjutkan gelombang ke dua Rabu (13/10/2021), sosialisasi serupa dilaksanakan di lokasi yang sama dan diikuti perwakilan perangkat desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Ngawi.

Share and Enjoy !

Shares