kayutrejo.ngawikab.id
Kamis (14/10) Kampung Kerbau Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi menjadi lokasi Penyerahan Sk Kehutanan Sosial oleh Bupati Ngawi. Terdapat 29 Sk kehutanan sosial yang diserahkan kepada 29 Kelompok kehutanan sosial.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Komisi B DPRD Prov. Jatim (Dapil 9), Dinas Kehutanan Prov. Jatim, Bakorwil Madiun,  Balai PSKL Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, CDK Wilayah Madiun, DPRD Kab Ngawi, Bapedalitbang Kab Ngawi, Bagian Perekonomian dan SDA Kab Ngawi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Ngawi, Dinas Lingkungan Hidup Kab Ngawi, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab Ngawi, Dinas Koperasi, dan Usaha Mikro Kab Ngawi, Dinas Pertanian Kab Ngawi, Dinas Pangan dan Perikanan Kab Ngawi Bakesbangpol Kab Ngawi, Divisi Regional Jawa Timur, PHW II Madiun, KPH Ngawi, KPH Lawu Ds, LMDH penerima SK Perhutanan Sosial, Pendamping PS, Personil Pengamanan (Polsek, Koramil), Humas dan Protokol Kabupaten Ngawi, Kecamatan Widodaren dan Desa Banyubiru.

Kepala Kehutanan Provinsi Jawa Timur (Dr. Ir. JUMADI. M. M. T) dalam sambutannya melalui sk kehutanan sosial dapat meningkatkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan serta melaksanakan pelestarian hutan yang efektif untuk meningkatkan sinergi diantara para pihak dalam pengembangan usaha perhutanan sosial di Kabupaten Ngawi.

“Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren memiliki kampung kerbau yang mana masyarakat memiliki banyak kerbau dan terdapat acara gumbrekan mahesa yaitu perayaan yang digelar secara turun temurun, yang mana¬† semua kerbau diistirahatkan, dirawat, dimanjakan dan tidak digunakan membajak sawah.” terang Ony Anwar Harsono.
Gumbrekan mahesa merupakan wujud rasa syukur warga atas anugerah panen yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Hasil panen yang dihasilkan masyarakat tentunya tidak terlepas dari peran kerbau untuk membajak sawah.
Dalam acara tersebut, Bupati ngawi memberikan santunan kepada anak yatim dan penanaman pohon area kampung kerbau.

Share and Enjoy !

Shares