kayutrejo.ngawikab.id
Senin (13/9)telah diadakan kegiatan posyandu lansia di rumah kasun tanjungrejo desa kayutrejo.
Di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), salah satu golongan masyarakat yang layak mendapatkan perhatian lebih adalah golongan lanjut usia (lansia).
Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 (2021), jumlah pasien meninggal didominasi golongan lansia yang Diikuti dengan pasien meninggal yang berumur 46-59 tahun.
Ditinjau dari aspek kesehatan, pertambahan usia menyebabkan imunitas tubuh lansia cenderung ikut melemah sehingga semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis Untuk mendukung kesehatan lansia Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia yang penyelenggaraannya melalui program Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Pada praktiknya, Posyandu Lansia melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.
Lantaran selama ini jika menyebut Posyandu, seringkali yang diketahui masyarakat adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada bayi dan ibu hamil. Di samping itu, keberadaan Posyandu Lansia memang tidak merata, karena dibentuk melihat situasi daerah apakah banyak terdapat lansia atau tidak.Secara garis besar, Posyandu Lansia bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia Selain itu juga terdapat kegiatan penyuluhan atau konseling kesehatan.Melihat salah satu praktiknya di desa kayutrejo kecamatan widodaren kan ngawi, minat lansia untuk mengikuti aktivitas di Posyandu tersebut cukup tinggi setelah dibuka kembali dalam situasi pandemi diantaranya pemeriksaan gula darah, kolesterol, tensi, dan diabetes secara gratis. Para lansia juga diberi vitamin dan masker dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).
Pada dasarnya, kerjasama Posyandu Lansia dengan para kader serta banyak pihak seperti RT/RW, organisasi lansia atau komunitas yang melibatkan lansia di suatu lingkungan sangat diperlukan agar di situasi pandemi para lansia dapat tetap merasakan perhatian dan perlindungan.

Share and Enjoy !

Shares