KAYUTREJO.NGAWIKAB.ID –
Semangat gotong royong, terus dilestarikan di Kabupaten Ngawi. Kabupaten yang berjuluk kota bambu ini mengedepankan semangat gotong royong untuk menciptakan masyarakat yang guyub dan rukun.
Hal tersebut juga yang diwujudkan oleh masyarakat khususnya di Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi.Warga setempat melaksanakan budaya “sambatan” atau dalam bahasa Indonesia gotong royong.
Budaya gotong royong adat jawa dalam membangun rumah tanpa dihitung upah.
Di kediaman Bp Wage, dusun kayutrejo rt 04/04 sekitar 20-an warga bergerak melakukan “Sambatan”.warga dusun kayut sangat kompak Kalau punya kegiatan selalu bergotong-royong, termasuk sambatan ini.
Siapa saja yang punya hajat selalu kompak,” . Kamis (09/09).
Budaya sambatan sendiri merupakan adat istiadat jawa, yang mengikuti sambatan tidak dihitung upah seperti pekerja pada umumnya, hanya diberi makan siang dan sarapan.biasanya sambatan diikuti puluhan orang dan tidak diberi imbalan, yang diberi imbalan biasanya hanya tukang.
warga yang melakukan sambatan tidak mengharapkan imbalan sama sekali. menambahkan budaya sambatan dan kompak dalam keamanan bisa dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang guyub dan rukun tentunya untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, baik di Ngawi secara umum atau di Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren.

Share and Enjoy !

Shares