kayutrejo.ngawikab.id
indonesia menjadikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi COVID-19.
Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata,maka diharapkan akan terbentuk kekebalan kelompok sehingga dapat mengurangi penyebaran virus, memutus rantai penularan dan pada akhirnya diharapkan akan menghentikan wabah.
Pada dasarnya vaksin COVID-19 dibutuhkan setiap orang untuk mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Namun, faktanya tak semua orang bisa atau diperbolehkan menerima vaksin COVID-19.
Bahkan sebelum terbitnya surat edaran mengenai rekomendasi pemberian vaksinasi tersebut, ada simpang siur berita mengenai pemberian vaksin bagi ibu hamil berbahaya atau memiliki risiko lainnya. Padahal Ibu hamil atau biasa disebut Bumil merupakan salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar COVID-19.
Dalam beberapa waktu terakhir, dilaporkan sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif COVID-19 mengalami gejala berat bahkan meninggal dunia.Guna melindungi ibu hamil dan bayinya dari infeksi COVID-19, Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil.
Upaya pemberian vaksinasi COVID-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).Berdasarkan surat edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Pemerintah menjamin vaksin yang digunakan sesuai standar keamanan dan melewati uji klinik yang ketat.

Share and Enjoy !

Shares