KAYUTREJO.NGAWIKAB.ID – Jum at (16/4) telah dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (BINTEK) Pemutakiran Data Desa berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) oleh Pendamping Desa.

Setelah menerima Bintek,Team pemutakiran data SDGs Desa Kayutrejo langsung melakukan uji coba pendataan di Balai Desa Kayutrejo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi.

Pendataan Pemutakhiran Data SDGs Desa adalah Data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan mikro sehingga bisa menyediakan lebih banyak informasi untuk pendataan, selain data pada level Desa, juga pada level Rt, Keluarga dan Individu.

Hal tersebut sesuai dengan maksut pendataan SDGs yaitu “Mengimplementasikan Pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Pemutakhiran data SDGs tahun 2021 ini adalah yang paling rumit dan berat, karena pendataan dimulai benar-benar dari awal, akan tetapi memudahkan untuk pendataan di tahun berikutnya tinggal merubah dan menyesuaikan.Pendataan SDGs kali ini berbasis aplikasi online sehingga membutuhkan sarana pendukung yang memadai, semisal Hp android dengan spesifikasi tertentu dan personel yang mampu mengoperasikan pendataan berbasis aplikasi online.

Share and Enjoy !

Shares