KAYUTREJO.NGAWIKAB.ID Rabu (03/03) Kampung Tangguh merupakan program yang dicetuskan oleh pihak Kepolisian untuk mendukung produktifitas masyarakat dan kebutuhan diberbagai sektor di masa pandemi Covid-19.Kampung tangguh ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat tangguh secara ekonomi dalam ketahanan pangan dan keamanan. Di Kecamatan Widodaren, Salah satu desa yang sudah siap menjadi Kampung Tangguh adalah Desa Kayutrejo. Saat memberikan keterangan, Mashuri, Kades Kayutrejo mengatakan bahwa Desa Kayutrejo sudah mempersiapkan program Kampung Tangguh ini sedemikian rupa.Walaupun banyak kekurangan disana sini, namun berbekal tekat yang kuat akhirnya Desa Kayutrejo bisa diresmikan menjadi Kampung Tangguh ke 4 di Kecamatan Widodaren, Pos Utama menempati Balai Desa, Lumbung Pangan diruang Balai desa sebelah kanan, Ruang Isolasi berada di gedung kantor Desa Kayutrejo yg baru.Untuk informasi, kondisi Desa Kayutrejo dalam posisi zona kuning karena beberapa waktu lalu ada salah satu anggota keluarga di Dusun Bulak pande satu orang Dusun pojok satu orang Dusun kayutrejo satu orang Dusun tanjungrejo dua orang yang diketaui terindikasi terpapar dan dinyatakan positif Covid-19. “ sekarang sudah dinyatakan sembuh lanjutnya.Sementara Akp WIDODO, Kasat Binmas yang juga sebagai Ketua Tim Verifikasi Kampung Tangguh dari Binmas Polres Ngawi menjelaskan bahwa Tujuan utama atau prioritas dibentuknya kampung tangguh adalah pencegahan penyebaran Covid-19.

Disini, kepedulian warga pada sesama untuk saling mengingatkan agar mematuhi prokes dan hidup sehat sangat diperlukan. “Contohnya Apabila ada warga yang baru datang dari luar kota, sebagai tetangga harus sigap dan memberitahu satgas agar dipantau,” ungkapnya. Selain antar masyarakat, seluruh tokoh yang ada di Desa Kayutrejo, harus bisa memberi edukasi pada masyarakat.

Dibentuknya lumbung pangan bisa berguna apabila nantinya ada masyarakat yang membutuhkan. Lumbung pangan tidak harus berbentuk uang. Tapi bisa juga dalam bentuk sembako. Asalkan setiap pemasukan dan pengeluarannya selalu dicatat. Terkait ruang isolasi, hal ini untuk antisipasi apabila ruang yang disediakan oleh pemerintah penuh. “Diharapkan, Covid-19 segera berlalu dari Desa Kayutrejo, segera masuk zona hijau,” tegasnya.Secara terperinci, koordinator covid 19 Akp WIDODO Kasat Bimas Polres Ngawi menjelaskan bahwa tujuan kedua kampung tangguh adalah untuk memperkuat keamanan.Tujuan ketiga adalah segala informasi yang diterima oleh masyarakat Desa Kayutrejo benar-benar valid sekaligus untuk menangkal pemberitaan hoax yang bisa jadi marak di media sosial.Tujuan keempat adalah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Kayutrejo, karena Kampung tangguh ini memang dicetuskan oleh Kepolisian untuk kebutuhan masyarakat agar tetap sehat, aman dan perekonomiannya terjaga.Tentang Kampung Tangguh di Kecamatan Widodaren, Desa Kayutrejo merupakan Kampung Tangguh ke 4 yang sudah diresmikan.Kampung tangguh dibentuk sebagai wujud kesiapan atau wadah bagi masyarakat untuk mengantisipasi dan mengatasi semua permasalahan yang ada di dalam desa, baik dari segi kesehatan, keamanan dan kesejahteraan.“Relawan harus segera diwadahi dan dibekali oleh segala sesuatunya agar aman apabila nanti dibutuhkan. Relawan harus segera bertindak sigap dan profesional,” pungkasnya.

Share and Enjoy !

Shares